Minggu, 27 Maret 2016

DEFINISI ITIL & COBIT

DEFINISI ITIL & COBIT

v  ITIL

          ITIL (Information Technology Infrastructure) adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.

v  COBIT

          Control Objective for Information and related Technology, disingkat COBIT, adalah suatu panduan standar praktik manajemen teknologi informasi. Termasuk input, proses, output, serta process control yang terbagi kedalam 4 obyektif


COBIT memiliki 4 cakupan domain, yaitu :

Perencanaan dan organisasi (plan and organise)
Pengadaan dan implementasi (acquire and implement)
Pengantaran dan dukungan (deliver and support)
Pengawasan dan evaluasi (monitor and evaluate)

v  HUBUNGAN ITIL & COBIT

          Dari berbagai sumber yang saya baca, dapat disimpulkan bahwa COBIT menjadi pedoman pengelolaan IT sedangkan ITIL merupakan sebuah kerangka pengelolaan layanan IT yang terbagi kedalam proses dan fungsi.

v  PERBEDAAN ANTARA COBIT & ITIL


          COBIT mengatur masalah obyektif yang harus dicapai oleh sebuah organisasi dalam memberikan layanan IT, sedangkan ITIL merupakan best practice cara-cara pengelolaan IT untuk mencapai obyektif organisasi. 

Daftar Pustaka : 
https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
https://id.wikipedia.org/wiki/COBIT
https://haendra.wordpress.com/2012/06/08/pengertian-cobit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar